Rabu, 31 Maret 2010 09:46 WIB News,Hukum Share :

Pelarian Gayus di Singapura berakhir

Jakarta— Pelarian Gayus Tambunan ke Singapura berakhir di Food Court Lucky Plaza, Orchard Road, Singapura. Satgas membujuk Gayus selama dua jam. Akhirnya, Gayus bersedia pulang ke Jakarta dan mengakhiri persembunyiannya. Apa alasan Gayus?

Pertemuan Denny Indrayana  dan Mas Achmad Santosa , dua anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, dengan Gayus Tambunan di Food Court Lucky Plaza,  berlanjut dengan pembicaraan intensif antara tim Satgas dengan Gayus. Selama lebih kurang dua jam, DNI dan MAS terus meyakinkan dan mempersuasi Gayus agar mau pulang ke tanah air.

Pertemuan Gayus dengan Mas Achmad dan Denny Indrayana terjadi secara kebetulan,  Selasa (30/3) malam. Saat itu, Denny dan Mas yang sedang mencari makan malam bertemu Gayus yang sedang mencari makan malam juga.

Dalam upaya membujuk Gayus, Denny dan Mas Achmad menyampaikan bagaimana pun kembali ke Tanah Air jauh lebih baik dan lebih membawa manfaat, ketimbang terus lari dan bersembunyi. Bagi keluarganya pun, jika Gayus bekerjasama untuk pulang, pasti akan lebih mudah karena mereka tidak lagi dikejar-kejar pertanyaan di mana Gayus.

“Pada awalnya, terlihat benar Gayus masih bimbang. Tetapi dengan tetap menyampaikan pulang ke Jakarta lebih baik, dan kemudharatan menjadi buron, Gayus akhirnya pelan-pelan mau mempertimbangkan untuk pulang,” kata Deny Indrayana, Rabu (31/3).

Dalam situasi yang genting demikian, menurut Denny, berulang kali naluri kebapakan Gayus
muncul. “Saya khawatir bagaimana istri dan anak-anak saya, jika saya dipenjara,” ujar Gayus saat itu seperti ditirukan Denny.

Tim Satgas, lanjutnya,  tentu memahami kegelisahan itu. “Namun, kami tetap mengatakan, apa yang telah dilakukan tetap harus dipertanggungjawabkan, dan keluarga insya Allah akan lebih baik dan hidup lebih tenang tanpa sang ayah terus menjadi buron di hadapan hukum,” kata jelas Denny.

Akhirnya, di ujung pembicaraan itu, Gayus kelihatan sudah mulai mantap untuk bekerjasama dan menyerahkan diri. Kini, Gayus bersama istri dan keluarganya sudah berada di tangan Mabes Polri. Rencananya Gayus akan diterbangkan ke Jakarta siang atau sore nanti.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…