News
Selasa, 30 Maret 2010 - 12:32 WIB

Pria AS mengaku berencana bunuh Obama

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington— Seorang pria Amerika Serikat, Senin (30/3), mengaku bersalah dengan berkomplot untuk melakukan pembunuhan yang ditargetkan kepada orang Amerika keturunan Afrika, termasuk calon presiden saat itu Barack Obama, kata Departemen Kehakiman.

Daniel Cowart, 21, dari Bells, Tennessee, mengatakan dia telah merencanakan dengan Paul Schlesselman dari West Helena, Arkansas, untuk merancang pembunuhan berlatar belakang rasialis terhadap puluhan orang.

Advertisement

Dia mengatakan ia merancang puncak penyerangan adalah dengan membunuh Obama, yang pada saat itu adalah seorang senator AS dan kandidat presiden.

“Meskipun terdapat kemajuan besar dalam hak-hak sipil, rencana ini tak mungkin dilakukan sebagai peringatan bahwa aksi kekerasan yang dibangkitkan oleh kebencian masih ada di negara kita,” kata Thomas Perez, asisten jaksa agung untuk bidang hak-hak sipil.

Berdasarkan ketentuan perjanjian permohonan pembelaan, Cowart menghadapi ancaman hukuman penjara antara 10 dan 75 tahun. Schlesselman mengaku bersalah pada Januari dan menghadapi hukuman penjara 10 tahun.

Advertisement

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif