Selasa, 30 Maret 2010 22:23 WIB Wonogiri Share :

Jembatan ambrol, akses antarkecamatan terputus

Wonogiri (Espos)–Banjir yang terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro akhir pekan lalu mengakibatkan ambrolnya jembatan. Akibatnya akses transportasi antarkecamatan, yakni antara Kecamatan Pracimantoro dan Giritontro putus.

Informasi yang dihimpun Espos di lokasi kejadian, Selasa (30/3), jalan altaernatif yang telah menjadi jalur utama antarkecamatan itu, tidak hanya untuk dua kecamatan. Namun juga ke arah Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo. Salah seorang warga Dusun Dungpadas, Banaran, Gito mengatakan angkutan pedesaan yang menggunakan akses jalan tersebut praktis telah terputus selama empat hari ini atau sejak Sabtu pekan lalu.

Ditambahkan oleh Wasidi, dasar jembatan atau bangunan dibawah jembatan itu dua tahun lalu telah tergerus hingga menganga.

“Banjir berlangsung sejak sore sekitar pukul 19.00 WIB, namun sekitar pukul 23.30 WIB kami mendengar suara. Kami pikir suara itu kendaraan yang terjatuh ke sungai, ternyata jembatan telah ambrol,” jelasnya.

Jembatan itu, menurut keduanya, telah dilakukan perbaikan atau renovasi dua kali. Terakhir, bangunan tersebut dibangun 16 November 1995. Saat terjadi kerusakan dua tahun lalu, sudah dilaporkan ke Bupati namun hingga kini belum ada perbaikan hingga terjadi kerusakan yang lebih besar. Warga juga mengatakan, kemungkinan lain dikarenakan kendaraan bertonase berat juga melintas jembatan itu.

Sementara bangunan jembatan tidak ada tulangan atau besi. Kades Banaran, Katno juga telah melaporkan kejadian itu ke Camat Pracimantoro, Kuswandi.

tus

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…