Selasa, 30 Maret 2010 14:06 WIB News Share :

DPR dukung usulan lumpur Lapindo jadi kawasan wisata geologis

Jakarta–Usulan Presiden SBY agar lumpur Lapindo menjadi kawasan wisata geologis mendapat dukungan penuh Ketua DPR Marzuki Alie. Menurutnya, itu adalah ide cerdas sang presiden, sehingga Indonesia akan memiliki peran strategis untuk mengudang semua pihak mempelajari lumpur Lapindo.

“Itu ide cerdas dan bagus. Menjadikan ancaman sebagai peluang. Ini bisa menjadi tempat baru berwisata yang tidak hanya rekreatif, tetapi juga bisa untuk penelitian dan studi,” kata Marzuki kepada wartawan usai bertemu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di Ciganjur, Jakarta, Selasa (30/3).

Menurut calon Ketua Umum Partai Demokrat ini, usulan itu harus dimaknai sebagia upaya untuk memanfaatkan ruang secara efektif dan efisien. Sebab, jika dibiarkan seperti sekarang ini kawasan lumpur Lapindo tidak akan bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

“Jadi, kita ambil manfaat dan nilai positifnya saja. Jangan dikaitkan ini dengan soal pemilik Lapindo,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke kawasan lumpur Lapindo, Presiden SBY mengusulkan agar lokasi semburan lumpur Lapindo bisa dijadikan sebagai kawasan wisata geologis, pertanian dan perikanan. Dengan posisi kawasan wisata geologis ini, banyak hal yang bisa dimanfaatkan, salah satunya untuk tujuan studi.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…