Selasa, 30 Maret 2010 14:52 WIB News Share :

Dede "manusia akar" sudah bisa pakai sandal

Bandung–Dede si “Manusia Akar” sudah bisa menggunakan sandal namun kakinya belum dapat digerakkan usai menjalani operasi ke-11 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Selasa (30/3).

“Dede sudah bisa menggunakan sandal, namun kalau untuk berjalan belum bisa,” kata Ketua Tim Operasi Dede, Dr Hardisiswo Soedjana.  Ia memperkirakan, kaki Dede tidak bisa digerakkan hingga dua pekan ke depan pasca operasi ke-11 ini.

Dr Hardisiwo mengatakan, saat melakukan operasi kedua kaki Dede, tim dokter menemukan kutil baru di kedua telapak kakinya. “Sebelumnya, daerah telapak kaki Dede tidak ditumbuhi kutil tapi saat kami mengoperasi-nya di kedua telapak kakinya tumbuh kutil,” ujarnya.

Ia menjelaskan, obat yang digunakan pasca operasi ke-11 Dede sama dengan operasi-operasi sebelumnya. “Untuk obat, kami masih memberikan salep berupa asam salisilat. Obatnya masih sama dengan operasi sebelumnya,” kata Dr Hardisiswo.

Dalam operasi ke-11 ini, Tim dokter operasi Dede si Manusia Akar, berhasil mengangkat 2 kilogram kutil dari kedua kakinya. “Total kutil yang diangkat itu mencapai 2 kg, kebanyakan dari kaki sebelah kanan,” katanya.

Untuk proses operasi sendiri, kata Dr Hardisiswo, berjalan sekitar dua jam lebih 15 menit
“Operasinya sendiri berlangsung dua jam lebih. Jam 09.00 pagi masuk ruang operasi jam 11.00 selesai,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
CV.Indra Daya Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…