Selasa, 30 Maret 2010 - 18:22 WIB

BI: Penjualan sektor riil diprediksikan meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)--Kantor Bank Indonesia (BI) Semarang memprediksikan, penjualan sektor riil dalam tiga sampai enam bulan ke depan akan mengalami peningkatan.

Pasalnya, menurut Deputi Pimpinan BI Semarang, Mahdi Mahmudy karena mempertimbangkan kondisi harga di pasar saat ini yang cenderung stabil.

Advertisement

“Ini juga dipicu suku bunga kredit bank pada tiga dan enam bulan diperkirakan terjadu penurunan,” katanya kepada wartawan di Semarang, Selasa (30/3).

Penurunan suku bunga kredit bank ini, lanjut ia, menyusul stabilnya tingkat suku bunga acuan (BI rate) dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir ini.

Lebih lanjut Mahdi menyatakan, dengan kondisi ini penjualan sektor riil di Kota Semarang pada Februari 2010 mengalami peningkatan.

Advertisement

“Hasil survei penjualan eceran yang dilakukan Kantor BI Semarang Februari 2010 menunjukkan indeks riil penjualan secara umum mengalami peningkatan sebesar 3,03%,” paparnya.

Dengan kelompok peralatan pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebagai penggerak utamanya menyumbangkan kenaikan sebesar 22,56%.
Disusul kelompok perumahan dan bahan bakar (9,80%), kelompok obat-obatan, perawatan jasmani, dan kosmetika (7,74%), kelompok transportasi dan komunikasi (0,73%). Kelompok bahan makanan (0,64%), dan kelompok makanan jadi, minuman, dan tembakau (0,10%).

oto

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif