Senin, 29 Maret 2010 23:22 WIB Pendidikan Share :

Terkait tercecernya LJUN, Disdikpora layangkan surat peringatan

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo melayangkan surat peringatan kepada pengawas ruang dan kepala sekolah asal pengawas yang mengakibatkan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) SMAN 1 Solo tercecer.

Menurut Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, surat peringatan yang diberikan kepada pengawas dan kepala sekolah asal pengawas tersebut merupakan tindak tegas pemerintah Kota Solo terhadap penyelenggaraan ujian nasional (UN) secara bersih dan jujur.

Dengan surat peringatan tersebut, sambung dia, hal itu dapat meningkatkan kewaspadaan kepada sejumlah kepala sekolah asal pengawas untuk lebih selektif mengirimkan pengawas ruang pada saat ujian berlangsung.

“Sanksinya berupa surat peringatan dan rencananya akan dikirimkan besok,” jelas dia ketika dijumpai Espos pada acara inspensi mendadak (Sidak) UN tingkat SMP di SMPN 8 Solo, Senin (29/3).

Dia mengatakan, pada pelaksanaan ujian tingkat SMP dirinya mengimbau kepada pengawas untuk lebih teliti ketika menerima soal ujian maupun ketika mengumpulkan soal sehingga kejadian tercecernya LJUN tidak terulang kembali.

Menurutnya, peraturan penyelenggaraan maupun tata tertib yang diberlakukan untuk siswa SMP tidak berbeda dengan pelaksanaan tingkat SMA, pengawas maupun siswa tidak diperkenankan membawa handphone di dalam kelas.

Lebih lanjut, Walikota Solo, Jokowi meminta Disdikpora untuk memberikan konsekuensi atas tindak kelalaian yang dilakukan oleh pengawas tersebut sesuai dengan prosedur operasional standar (POS) UN.

Dia mengatakan tidak menargetkan tingkat kelulusan peserta ujian namun demikian dirinya meyakini hasil kelulusan tersebut akan sesuai dengan kompetensi siswa.

das

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…