Senin, 29 Maret 2010 12:34 WIB News Share :

Pengamat
Ada tiga kandidat kuat Ketum PD

Jakarta–Pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi, Senin (29/3) memprediksi hanya ada 3 calon kuat Ketua Umum Partai Demokrat (Ketum PD). Mereka adalah Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie. Namun, dukungan terhadap para calon juga masih cair.

“Dari ketiga calon punya basis dukungan yang berbeda. Marzuki kemungkinan besar dapat dukungan di Sumatera Selatan, Andi di Sulawesi, Anas sejauh ini lebih leading karena dapat dukungan dari Jawa Timur, NTB dan Bali. Peta dukungan masih sangat cair dan bisa berubah,” kata Muhtadi.

Muhtadi mengatakan Kongres PD sebaiknya menjadi ajang penyapihan ketergantungan kepada SBY. “Selama ini, PD dianggap partai SBY. SBY harusnya mempercepat modernisasi PD dengan cara mengurangi ketergantungan PD terhadap dirinya,” kata Muhtadi.

SBY, lanjut dia, juga harus melakukan desain terencana agar PD bisa melembagakan jaringan partai, modernisasi partai dan mencetak kader militan.

“Sebab, SBY tidak bisa maju lagi tahun 2014 karena kendala konstitusi dan alamiah,” cetus dia.

dtc/rif

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…