Senin, 29 Maret 2010 16:26 WIB News Share :

Penemu patung kepala Budha terima imbalan

Borobudur–Kasri, 44 penemu patung kepala Buddha Gautama Candi Borobudur saat bersama warga setempat memugar rumahnya di Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menerima imbalan jasa berupa uang Rp7,5 juta dari pemerintah.

“Kami sepakat uang itu sebagian untuk kas pemuda dan sebagian lainnya untuk penyelesaian pemugaran rumah,” kata Kasri, di Borobudur, Senin (29/3).

Penyerahan imbalan jasa kepada Kasri oleh Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur (BKPB), Marsis Sutopo, di kantor  yang terletak di kompleks Candi Borobudur itu antara lain disaksikan oleh Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jateng, Tri Hatmaji, Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Pujo Suwarno, dan Kades Tanjungsari, Darto.

Warga setempat yang pada 16 Desember 2009 membuat pondasi untuk pemugaran rumah berukuran 81 meter persegi milik Kasri menemukan dua patung kepala Buddha, satu patung Syiwa, dan sebuah batu berbentuk kotak bernilai cagar budaya.

Temuan itu di kedalaman sekitar 60 centimeter. Desa yang berada di dekat aliran Kali Sileng itu terletak sekitar 500 meter sebelah selatan Candi Borobudur. Mereka melaporkan temuan itu kepada BKPB yang kemudian diteruskan kepada BP3 Jateng yang berkantor di dekat Candi Prambanan, Klaten, Jateng.

“Saya tidak berani menjualnya karena benda itu memiliki nilai sejarah dan budaya, tetapi kami melaporkan kepada aparat,” kata Kasri yang setiap hari bekerja sebagai tukang pijat di kompleks TWCB itu.

Marsis mengatakan, pemberian imbalan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada penemu benda cagar budaya itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…