Senin, 29 Maret 2010 13:51 WIB News Share :

Gayus akan dipecat tak hormat

Jakarta— Pegawai pajak Gayur Halomoan Tambunan mulai, Senin (29/3) hari ini, rencananya akan dipecat dari institusinya. Dia akan dipecat tidak hormat karena melanggar kode etik dan disiplin.

Indikasi pelanggaran itu ditemukan Direktorat Kepatuhan Internal Transformasi Sumber Daya Aparatur (Kitsda) Direktorat Jenderal Pajak.

“Oleh karena itu, yang bersangkutan dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan tidak terhormat,” tegas Direktur Kitsda Bambang Basuki. Pemecatan tidak hormat ini merupakan hukuman terberat.

Gayus merupakan PNS golongan III A di Ditjen Pajak yang saat ini masih menjadi terdakwa kasus penggelapan dana pajak. Kasus ini mencuat setelah temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan aliran dana tidak wajar ke rekening Gayus. Selain rekening, Gayus juga memiliki sejumlah harta berupa properti dan kendaraan yang mewah.

Istri Gayus, Milana Anggraeini merupakan pegawai golongan IIIA DPRD DKI. Seperti suaminya, gaya hidup Milana juga cukup mencolok. Setiap kali ke kantor, ia biasa diantar sopir yang mengendari Mercy atau Ford Everest yang paling murah seharga Rp 350 juta.

Sebelum bekerja di bagian banding, Gayus sebetulnya dikenal cukup tegas dalam menangani parawajib pajak. Dari 17 keberatan sebanyak 15 ditolaknya.

Prestasi itu mulai buram saat dia ditugaskan di bagian banding pertengahan 2007.  Gayus yang tangguh terlihat mulai lembek melawan wajib pajak. Dari 51 kasus keberatan, sebanyak 40 kasus, Ditjen Pajak kalah.

Kistda menemukan unsur-unsur pelanggaran kode etik dan disiplin tingkat berat dalam kasus penggelapan dana pajak serta kepemilikan rekening sampai Rp 25 miliar. Pemeriksaan Gayus sendiri dilakukan Kitsda pada 22-23 Maret 2010.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…