Senin, 29 Maret 2010 16:44 WIB Solo Share :

Car free day bakal diberlakukan di Jl Slamet Riyadi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal memberlakukan program car free day atau hari bebas kendaraan di sepanjang Jl Slamet Riyadi. Untuk tahap awal, program itu hanya diterapkan dalam satu hari selama beberapa jam.

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program tersebut sebagai upaya Pemkot untuk menekan emisi gas buang dari kendaraan bermotor yang semakin mengkhawatirkan. Walikota berharap, program anyar tersebut bisa diberlakukan bulan April mendatang.

“Sekarang baru awal, teknisnya nanti akan dibahas lagi. Misalnya, dipilih hari Minggu, selama tiga jam, jam berapa sampai jam berapa. Tidak perlu menunggu tahun depan, saya harap April sudah diberlakukan,” tandas Walikota, saat ditemui wartawan, di Balaikota, Senin (29/3).

Menurut Walikota, program car free day itu juga ditujukan untuk memberi ruang olahraga dan ruang publik yang bebas asap kendaraan kepada warga Solo. Tak hanya Jl Slamet Riyadi, Pemkot Solo juga berencana menerapkan car free day di kawasan Ngarapura, sepanjang Jl Diponegoro. Untuk kawasan ini, Walikota meminta bisa diberlakukan pada Kamis (8/4) pekan depan.

“Ngrasopura bebas dari kendaraan bermotor setiap hari, mulai sore hingga malam hari. Di situ, masyarakat bisa menggunakan untuk kegiatan apapun, pokoknya itu adalah publik space, yang pasti aman, karena tidak ada kendaraan yang melintas. Hot spot-nya juga akan diperkuat,” sambungnya.

Terkait pemberlakukan car free day di Ngarsopura, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Purnomo Subagyo mengatakan akan segera mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pemberlakukan program tersebut.

tsa

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…