Senin, 29 Maret 2010 16:08 WIB Wonogiri Share :

Asisten III Setda siap nyalon Wabup Wonogiri

Wonogiri (Espos)--Satu lagi kandidat wakil bupati (Cawabup) dari kalangan birokrat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri muncul untuk meramaikan Pemilu kepala daerah (Pilkada) 2010. Dia adalah Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Annajib Thohari.

Kemunculan nama Najib sendiri sebenarnya bukanlah suatu kejutan. Sebelumnya Najib sempat disebut-sebut sebagai bakal calon yang diincar oleh salah satu partai politik di Wonogiri. Namun, pernyataan kesiapannya mencalonkan diri itu memperkuat dugaan bahwa Najib memang serius untuk mencalonkan diri sebagai Wabup dalam Pilkada tahun ini.

Jika berhasil melalui proses verifikasi kemudian diusung oleh salah satu partai politik atau koalisi partai politik, maka ia akan bersaing dengan atasannya sendiri yang tidak lain adalah Sekretaris Daerah (Sekda) H Suprapto yang sudah lebih dulu mendaftar sebagai Cawabup dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Saat ditemui wartawan di lingkungan Setda Wonogiri, Senin (29/3), Najib menyatakan siap menghadapi persaingan tersebut.

Mengenai kendaraan politik yang akan dipakainya maju dalam Pilkada, Najib mengatakan, saat ini pilihannya memang tidak banyak lagi.
“Satu-satunya yang tersisa tinggal koalisi besar PKS, Partai Demokrat dan Partai Golkar. Koalisi PAN, PPP dan Gerindra, kabar terakhir yang saya dapat sudah mendapatkan satu pasangan calon yang akan diusung,” jelas Najib.

Dia menambahkan, segera begitu koalisi Partai Golkar, PKS, dan Demokrat membuka pendaftaran, ia akan mendaftar. Mengenai siapa yang akan menjadi pasangannya, Najib menyerahkan kepada mekanisme koalisi tersebut.

“Siapapun nanti AD 1-nya mestinya bisa melihat wakil yang punya potensi. Selain itu harus ada komitmen bersama mengenai pembagian kewenangan antara AD 1 dan AD 2,” ujar Najib, seraya menambahkan alasannya maju sebagai Wabup adalah karena melihat Wonogiri masih perlu dibangun, terutama meneruskan potensi yang selama ini telah dirintis oleh Bupati Begug Poernomosidi.

Terpisah, Sardi dari Koalisi Wonogiri Bangkit yang terdiri atas PPP, PAN dan Gerindra, saat dihubungi kemarin menyatakan pihaknya memang sudah mengantongi nama pasangan Cabup dan Cawabup. Namun, saat didesak lebih lanjut, Sardi tidak bersedia menyebut nama pasangan tersebut.

shs

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….