Minggu, 28 Maret 2010 14:27 WIB Pendidikan Share :

Tim pemantau independen perketat pengawasan UN SMP

Solo (Espos)–Tim pemantau independen (TPI) memperketat pelaksanaan pengawasan pada pelaksanaan ujian nasional tingat SMP/Sederajat. Ada 90 pemantau yang akan diterjunkan di setiap lokasi penyelenggara ujian.

Menurut Sekretaris Tim Pemantau Independen (TPI), Suwarto, meskipun jumlah pemantau yang diterjunkan untuk pelaksanaan ujian tersebut sama dengan tahun lalu namun demikian pihaknya akan memperketat pengawasan di sejumlah titik lokasi.

Dia mengatakan, pihaknya berupaya memberikan pemahaman kepada anggota tim pemantau untuk memahami peraturan maupun ketentuan yang terdapat pada prosedur operasional standar (POS) ujian nasional (UN).

“Kejujuran dan obyektifitas merupakan modal utama yang harus dimiliki tim pemantau untuk melaksanakan tugas,” papar dia ketika dijumpai Espos di Solo, Sabtu (27/3).

Dia mengungkapkan, tugas tim pemantau pada pelaksanaan maupun persiapan ujian di antaranya mengawal distribusi soal dari rayon/subrayon ke tingkat sekolah, memantau proses pelaksanaan ujian serta mengawasi proses pengiriman jawaban soal.

Menurutnya, hal tersebut membutuhkan kedisplinan terlebih bagi tim pemantau yang lokasi sekolah jauh dari subrayon. “Mulai dari pemantauan hingga pengawasan pengiriman lembar jawab komputer harus dilaksanakan secara cermat,” jelas dia.

Lebih lanjut menurut anggota tim pemanntau, Taufiqurrahman, berdasarkan pembekalan terakhir yang dilakukan oleh koordinator pengawas UN, Amir Fuadi, seluruh tim harus berkomitmen untuk melaksanaan fungsi pengawasan maupun pemantauan secara utuh.

Taufiq mengatakan, adanya tindak kelalaian yang dilakukan salah seorang pengawas beberapa waktu lalu merupakan hal yang dinilai mencoreng nama instansi pelaksana pengawasan.

“Jika memang ada anggota tim yang tidak siap maka diperbolehkan untuk mundur sebelum pelaksanaan ujian berlangsung,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Rakhmat Sutomo mengatakan, selain pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP negeri dan swasta yang diikuti 11.825 peserta tersebut, sejumlah peserta SMA juga akan mengikuti pelaksanaan UN ulangan. Menurutnya, siswa yang berhak mengikuti ujian ulangan tersebut adalah mereka yang dapat menyertakan surat izin atau keterangan lainnya ke pihak sekolah.

das

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…