Minggu, 28 Maret 2010 21:22 WIB Wonogiri Share :

Sempat terancam bubar, PKS, PD, Golkar kembali merapat

Wonogiri (Espos)–Sempat dikabarkan akan mengusung calon sendiri, koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD) Wonogiri menegaskan komitmennya untuk tetap membentuk koalisi besar bersama Partai Golkar.

Mereka bahkan sudah menyiapkan mekanisme pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati (Wabup).

Dalam mekanisme tersebut, seperti dijelaskan salah satu anggota tim 11 PKS yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri, Ngadiyono, kepada Espos, Minggu (28/3), pendaftaran akan dilakukan terpisah antara Balon bupati dengan Balon Wabup. Demikian pula dengan verifikasi dan penilaiannya sesuai kriteria yang ditentukan koalisi.

“Selanjutnya, dari hasil penilaian itu akan dibawa oleh masing-masing partai anggota koalisi ke pimpinan pusat untuk dimintakan rekomendasi. Hasil rekomendasi itu akan dibahas bersama untuk ditentukan pasangan mana yang akan diusung,” jelas Ngadiyono.

Ngadiyono mengungkapkan, sejauh ini sudah ada sejumlah tokoh yang melakukan pendekatan. Di antaranya, Sutadi, Warsono, dan Haryanto. Dia mengatakan, pihaknya tidak menutup peluang bagi calon yang sudah mendaftar ke partai lain namun tidak mendapat rekomendasi dari pimpinan pusat.

Mengenai rencana koalisi dengan Partai Golkar, Ngadiyono mengatakan, saat ini prosesnya sudah 90% dan diperkirakan pekan kedua bulan April 2010 sudah bisa dideklarasikan. Saat ini, pihaknya masih menunggu pembicaraan lebih lanjut.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Marhendi mengatakan, hingga kini, pihaknya belum mendapat kepastian kapan koalisi dengan Partai Golkar akan dideklarasikan. Namun, satu hal yang jelas, meski sempat merenggang, ketiga partai kini merapat kembali. Beberapa hal yang dahulu belum disepakati antara Demokrat dan Golkar, kini sudah disepakati.

shs

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…