Minggu, 28 Maret 2010 19:07 WIB Ah Tenane Share :

Bawa helm

Minggu pagi jam 09.00 tet Jon Koplo dan Lady Cempluk, warga Giritirto ini sudah dandan ndhithil siap-siap pergi njagong manten ke Wonogiri kota.
”Jangan lupa bawa helm, Bu,” ujar Koplo mengingatkan karena ia paling takut berurusan dengan polisi.
”Tenang Pak, wis tak gawa,” jawab Cempluk meyakinkan.

Merasa kelengkapan berkendara sudak komplet, Koplo pun dengan tenang meluncur ke kota.
Namun ketika melewati sebuah perempatan, tiba-tiba ia dikepot Pak Polisi dan diminta untuk berhenti dan menunjukkan surat-suratnya.
”Bapak saya tilang karena melanggar disiplin berlalu lintas!” ”Lho, salah saya apa, Pak? Surat komplet, lagi pula saya tidak melanggar rambu lalu lintas,” protes Koplo.
”Istri Bapak tidak pakai helm!”

Koplo segera menoleh ke belakang. ”Lho Bu, helme endi?” tanya koplo spontan.
”Lha iki, tak gawa,” jawab Cempluk seolah tanpa dosa. Saat itulah Cempluk baru sadar kalau sejak berangkat tadi helmnya cuma dipegang terus. Sebenarnya tadi mau ia pakai kalau sudah memasuki kota. Namun karena asyik ngobrol, ia lupa.

”Maaf, Pak Polisi, saya bener-benar lali sakplengan. Tadi mau saya pakai tapi rambut saya masih basah. Jangan ditilang, ya Pak. Ngapunten nggih…” pinta Cempluk menghiba. Untung polisinya baik juga.
”Oke, kali ini saya maafkan, tapi jangan diulangi lagi. Helm itu bukan untuk dibawa, tapi dipakai, demi keselamatan ibu sendiri. Selamat siang!” jawab Pak Gembus lalu bergegas pergi meninggalkan Koplo dan Cempluk yang masih udur-uduran sendiri.

Kiriman Yusuf Cahyono, Kaloran RT 03/RW V Giritirto, Wonogiri

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…