Soloraya
Minggu, 28 Maret 2010 - 16:39 WIB

Adakan sumpah setia, PAN tepis ada perpecahan internal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Partai Amanat Nasional (PAN) Boyolali menepis adanya perpecahan di internal partai menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Boyolali tahun 2010 ini. Partai itu bahkan menegaskan solid mengusung pasangan Al Hisyam-Sugiyarto yang akan maju pada Pilkada 9 Mei mendatang.

Hal itu dituangkan PAN Boyolali melalui pengucapan sumpah setia dalam Apel Ranting yang digelar Minggu (28/3). Selain dihadiri sekitar 650 pengurus partai, dari tingkat Ranting, DPC, hingga DPD PAN Boyolali, acara itu dihadiri pula pasangan Al Hisyam-Sugiyarto, Sekretaris DPC Partai Demokrat Boyolali, Dwi Purwanto, serta relawan PAN.

Advertisement

Dalam sumpah setia itu, struktural PAN Boyolali menyatakan
akan tunduk dan patuh pada platform kebijakan-kebijakan partai, termasuk mengamankan dan mendukung keputusan DPD yang mengusung pasangan Al Hisyam-Sugiyarto bersama Partai Demokrat Boyolali.

Ketua DPD PAN Boyolali, Thontowi Jauhari mengatakan dengan
deklarasi ini menunjukkan bahwa PAN Boyolali masih sangat solid. Menurutnya, jika ada perbedaan pendapat sebelum ada keputusan, itu merupakan hal yang biasa. Namun sebagai kader partai, jika organisasi sudah memutuskan kebijakan, maka wajib mematuhi dan tunduk atas kebijakan tersebut.

“Akan ada tindakan tegas bagi kader yang keluar dari rel kebijakan partai. Setidaknya bagi kader yang menduduki kursi Dewan akan terancam di-PAW (pergantian antar waktu), sementara yang lain akan dikenakan surat peringatan sampai dengan sanksi pemecatan,” ungkap Thontowi ketika ditemui wartawan di sela-sela acara, Minggu.

Advertisement

Kesolidan partai ini menurut dia mutlak diperlukan dalam
menghadapi Pilkada. Thontowi membantah jika sebagian kadernya lari ke partai lain, atau mendukung pasangan selain Al Hisyam-Sugiyarto.
“Kalau ada yang bilang begitu, pasti bukan kader PAN, karena
sampai saat ini PAN tetap solid,” tegasnya.

Ditambahkan Ketua DPC PAN Nogosari, Musthofa Safawi deklarasi itu membuktikan tidak ada perpecahan dalam tubuh PAN.

Al Hisyam dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya optimistis menghadapi Pilkada. Kesiapan, menurut dia sudah cukup matang. Termasuk di antaranya konsolidasi masing-masing partai pengusung maupun relawan-relawan serta organisasi-organisasi massa pendukung.

Advertisement

sry

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif