Sabtu, 27 Maret 2010 18:55 WIB News Share :

Tersingkir, Gus Sholah langsung tinggalkan arena Muktamar

Makassar— KH Sholahudin Wahid langsung keluar meninggalkan ruangan pemilihan tanpa ada komentar sedikit pun. Ia tersingkir di penjaringan bakal calon ketua umum PBNU, karena gagal mendapat dukungan 99 suara.

Adik kandung Gus Dur yang biasa disapa Gus Sholah yang mengantongi dukungan 83 suara itu, hanya bisa diam dan meladeni orang-orang yang mau menyalaminya, sebelum pergi meninggalkan arena Muktamar ke 32 NU dengan menggunakan mobil Toyota Alphard berplat DD 92 BN, di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (27/3).

Sementara, Ulil Abshar Abdala yang hanya mendapat dukungan 22 suara, saat ditemui detikcom di luar ruangan pemilihan mengaku kaget dan tidak pernah mengira sebelumnya bisa mendapat dukungan tersebut. Sebab, lanjut Ulil, ia merasa dimusuhi oleh para kiai karena membawa gagasan pemikiran liberal di dalam tubuh NU.

“Jumlah dukungan 22 suara itu menghendaki adanya injection semangat dari generasi muda untuk membawa perubahan di tubuh NU,” pungkas Ulil.

Meski tersingkir di putaran awal, Ulil tetap optimis bisa kembali tampil di pencalonan ketua umum PBNU lima tahun mendatang. Ia menganggap kedua calon ketua umum yang bertarung, yakni KH Said Aqil Siradj dan Slamet Effendy Yusuf, akan lebih baik dari ketua sebelumnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…