News
Sabtu, 27 Maret 2010 - 16:11 WIB

Panitia pemilihan jaring calon Ketum NU

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Makassar–Proses penjaringan calon Ketua Umum Nahdlatul Ulama sementara berlangsung di arena Muktamar ke-32 di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (27/3) sore ini. Sebelumnya dilakukan pemilihan Rais Am, dimana Kiai Sahal Mahfudz terpilih secara aklamasi setelah hasyim Muzadi mundur.

Penjaringan calon ketua umum ini tetap dilakukan oleh panitia pemilihan rais am yang dipimpin langsung oleh pengurus wilayah NU Sulawesi Selatan KH Zein Irwanto. Anggotanya dari perwakilan NU Kalimantan Tengah KH Abdul Rahman, perwakilan NU Sumatera dari Jambi yakni Abdul Kadir, perwakilan NU Maluku Papua Abdul Wahab dan perwakilan dari Banten, Makmur Mashar.

Advertisement

Rais Am mempercayakan proses penjaringan tetap dipimpin Zein, setelah nama calon mengerucut kemudian dimintai restu ke rais am. Menurut Zein proses pemilihan ketua umum hampir mirip dengan pemilihan rais am, dimulai dengan pengajuan nama-nama bakal calon yang diusulan pengurus cabang, wilayah dan perwakilan istimewa. Selanjutnya, nama-nama ini di saring, calon akan maju ke pemilihan ketua umum jika diusulkan minimal 99 suara.

Bakal calon yang lolos kemudian maju ke pemilihan tahap kedua. Pola pemilihannya tetap dilakukan secara tertutup, di mana para peserta diminta menuliskan pilihannya. Bagi calon yang mengantongi suara terbanyak akan lolos menjadi ketua umum NU periode 2010-2015.

Sebelum proses penjaringan, beberapa nama sempat muncul akan maju yakni Said Aqil Siraj, Salahuddin Wahid, Ulil Absar Abdalla, Ahmad Bagja, Masdar F Mas’udi, Slamet Effendy Yusuf dan Ali Maschan Moesa.

Advertisement

tempointeraktif/rif

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jaring Ketum Muktamar NU
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif