Sabtu, 27 Maret 2010 18:38 WIB Hukum Share :

ICW
Penyidik lama kasus Gayus harus dinonaktifkan

Jakarta— Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti sikap Polri terkait penanganan kasus Gayus Tambunan. Semestinya para penyidik yang dahulu menangani kasus ini dinonaktifkan. Agar pengusutan fair.

“Yang utama dua perwira tinggi dinonaktifkan, agar penanganan kasus objektif,” kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakpus, Sabtu (27/3).

Dikhawatirkan keterangan yang diperoleh dari Andi Kosasih, bisa saja menyinggung penyidik yang terdahulu. Selain itu, selama ini, ada pandangan pemberantasan kasus korupsi di Polri masih setengah hati.

“Ada semangat esprit de corps. Ada kultur seolah-olah, masa jeruk makan jeruk,” tambahnya.

Akan sangat baik di mata publik, jika Polri berani bersikap tegas, tidak setengah-setengah dalam penanganan kasus. Bila memang ada penyidik yang terlibat harus disampaikan.

“Polri harus memberikan bukti,” tutupnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PT BACH MULTI GLOBAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…