Sabtu, 27 Maret 2010 16:54 WIB News,Hukum Share :

Andi Kosasih diperiksa soal uang Rp 1,9 miliar

Jakarta–Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ito Sumardi mengatakan, pihaknya memeriksa pengusaha Andi Kosasih terkait kepemilikan uang Rp 1,9 miliar di rekening milik pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Gayus Halomoan Tambunan.

“Sekarang ini kan (penyidik) sedang menangani perkara setelah blokir (rekening Gayus) dibuka. Ini sudah menggulir ada aliran dana Andi Kosasih Rp 1,9 miliar,” jelas Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ito Sumardi di Mabes Polri, Sabtu (27/3).

Seperti diketahui, Andi Kosasih menyerahkan diri ke Bareskrim pada Jumat (26/3), sekitar pukul 17.00 setelah nama dia disebut-sebut terlibat mafia kasus di sejumlah media akhir-akhir ini. Kepolisian lalu memeriksa yang bersangkutan hingga siang tadi.

Ito menjelaskan, status Andi saat ini masih sebagai saksi terkait perkara kepemilikan uang Rp 1,9 miliar itu. Namun, kepolisian telah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka dengan sangkaan memberikan keterangan palsu kepada penyidik. “Status dia sekarang itu tersangka untuk kasus dia yang sebelumnya,” ucapnya.

Seperti diberitakan, Andi kepada penyidik mengaku pemilik uang Rp 24,6 miliar di rekening Gayus. Uang dalam bentuk dollar AS itu diserahkan ke Gayus untuk membeli tanah di daerah Jakarta Utara. Kemudian diketahui uang Andi di rekening Gayus hanya Rp 1,9 miliar.

kompas/rif

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…