Sabtu, 27 Maret 2010 22:56 WIB Solo Share :

Akhir 2010, pendataan BCB rampung

Solo(Espos)—Pendataan bangunan cagar budaya (BCB) ditargetkan rampung pada akhir 2010 mendatang. Sehingga peraturan daerah (Perda) BCB sesuai rencana dapat diberlakukan 2011.

“Sembari melakukan pendataan, saat ini TOR (term of reference) Perda sudah mulai diwacanakan. Nantinya dengan DPRD akan mengadakan komitmen bersama,” ujar Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Yob S Nugroho saat ditemui wartawan di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan taman dan patung Mayor Achmadi di Jl Monginsidi Banjarsari oleh Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Sabtu (27/3).

Dikatakan Yob, pendataan BCB tersebut nantinya akan mengklasifikasikan BCB ke dalam dua kategori yakni lab monumen atau monumen yang masih digunakan sebagaimana fungsinya serta died monumen atau monumen mati.  Total jumlahnya di Kota Solo sendiri setidaknya mencapai 100-an BCB.

Bila pengklasifikasian selesai, terkait dengan dana perawatan BCB sekaligus juga akan diatur dalam Perda. “Sehingga, kalau ada kerusakan tiba-tiba seperti yang menimpa Langgar Merdeka beberapa waktu lalu akan langsung dapat ditangani. Karena payung hukumnya sudah ada,” terangnya.

Lebih lanjut, Pimpinan Sahid Grup, Prof DR H Sukamdani S Gitosardjono yang turut memprakarsai berdirinya taman dan patung tersebut dalam sambutannya juga mengungkapkan apresiasi positif terhadap Pemkot Solo dan semua pihak yang mendukung pembangunan patung Mayor Achmadi. “Karena sebenarnya wacana pembangunan tersebut sudah ada sejak tahun 1992,” ujarnya.

Menurut Sukamdani, selain berfungsi meneruskan nilai-nilai perjuangan dan penghargaan kepada pejuang, monumen tersebut sekaligus berfungsi mempercantik Kota Solo dan sebagai sarana penunjang pembelajaran dalam dunia pendidikan.

fey

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…