Soloraya
Jumat, 26 Maret 2010 - 14:24 WIB

Kapal pesiar akan lengkapi wisata di WGM

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Kapal pesiar yang saat ini sedang dalam proses pembuatan oleh salah satu investor Kota Gaplek untuk meramaikan wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), menurut rencana dilengkapi dengan ruang pertemuan.

Untuk itu, kapal yang semula direncanakan sepanjang 17 meter, ditambah sepanjang dua meter menjadi 19 meter.

Advertisement

Investor pembuat kapal tersebut, Darmanto, kepada wartawan di lokasi pembuatan kapal di Kompleks Obyek Wisata WGM, Jumat (26/3), mengungkapkan, saat ini proses pembuatan kapal wisata itu sudah mencapai 30%. Direncanakan, kerangka kapal itu akan mulai diturunkan ke air pada awal April 2010 untuk kemudian melanjutkan pengerjaan di atas air.

“Saat ini pengerjaan baru sampai pada lunas kapal untuk ruang mesin. Pada awal April diperkirakan selesai dan memasuki tahap pembangunan lantai II untuk penumpang, yang bisa dikerjakan di atas air,” jelasnya.

Darmanto menambahkan, atas permintaan beberapa kalangan, kapal wisata itu akan dilengkapi dengan ruang pertemuan yang bisa disewakan untuk rapat-rapat dan sebagainya. Untuk itu, pihaknya bakal menambah panjang badan kapal dari semula yang direncanakan hanya 17 meter menjadi 19 meter. Namun, lebarnya tetap sama, yaitu 3,75 meter dan tinggi tujuh meter atau tiga lantai.

Advertisement

Meski ada penambahan panjang badan kapal tersebut, Darmanto mengatakan hal itu tidak akan begitu berpengaruh pada anggaran yang dibutuhkan. Dia mengungkapkan, anggaran yang disediakan untuk pembuatan kapal itu hingga selesai adalah sekitar Rp 500 juta.

Darmanto menargetkan, kapal wisata itu akan selesai pembuatannya akhir April mendatang dan dilakukan soft launching sekaligus sebagai uji coba pada pekan pertama Mei. Selanjutnya, grand launching akan dilakukan pada 19 Mei 2010 bersamaan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Wonogiri.

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kapal Pesiar WGM Wisata
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif