Jumat, 26 Maret 2010 17:41 WIB News,Ekonomi Share :

Juni, ada duit baru Rp 10.000

Jakarta— Bank Indonesia (BI) berencana mengeluarkan kembali desain baru uang kertas Rp 10.000 dan koin Rp 1.000 pada kisaran Juni-Juli mendatang.

“Kami akan mengubah desain uang Rp 10.000 dan keluarkan koin Rp 1.000,” kata Deputi Gubernur BI Budi Rochadi di Gedung BI, Jakarta, Jumat (26/3).

BI rencananya akan mengumumkan peluncuran desain baru kedua uang tersebut pada Juni-Juli mendatang. Saat ini, seluruh proses penerbitan desain baru tersebut masih terus dikerjakan.

Terakhir kali, BI mengeluarkan pecahan baru uang kertas untuk nilai nominal Rp 2.000. Bank sentral juga pernah mengeluarkan desain baru uang Rp 1.000.

Pada bagian lain, Budi juga menilai proses pencetakan uang sebaiknya tetap dilakukan perusahaan di Tanah Air. Selama ini, Perum Peruri merupakan satu-satunya perusahaan yang berhak mencetak uang resmi di Indonesia.

Namun, Budi mengatakan percetakan uang bisa saja dilakukan di luar negeri, hanya jika kondisi di perusahaan yang ditunjuk mencetak uang dianggap tidak bisa melaksanakan tugas tersebut.

“Kadang ada suatu kondisi yang tidak memungkinkan, seperti Perum Peruri mengalami keterbatasan sehingga harus ada jalan keluar seperti dicetak ke luar,” kata dia.

Sepanjang catatan BI, pemerintah baru sekali melakukan pencetakan uang di luar Peruri. Kendati berdasarkan ketentuan, tidak ada aturan khusus BI harus mencetak uang hanya di Peruri.

“Sekarang ini ketentuannya, kita bisa mencetak ke mana saja tapi kami tetap bertekad melakukan percetakan di dalam negeri misalnya oleh BUMN,” ujar Budi.


vivanews/rif

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…