News
Jumat, 26 Maret 2010 - 21:15 WIB

13 Kiai gagal sepakati pemilihan rais Aam NU

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Makassar–Menjelang pemilihan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU Jumat (26/3) malam, sejumlah kiai melakukan pertemuan tertutup membahas kondisi mutakhir terutama dalam pemilihan Rais Aam NU.

Ke-13 kiai yang hadir dalam pertemuan di kediaman KH Sanusi Baco (tokoh NU Sulsel), KH Sahal Mahfud, KH Musthofa Bisri, Habib Lutfi, Maemun Zubair, KH Ma’ruf Amien,KH Maghfur Usman, KH Tholchah Hasan, Prof Khotibul Umam, Prof Nazarudin Umar, KH Asnawi Latif dan lain-lain. KH Hasyim Muzadi yang juga turut diundang, absen dalam pertemuan tersebut.

Advertisement

Agenda pertemuan yang sedianya untuk mengambil kata sepakat dalam format pemilihan Rais Aam Syuriyah NU dengan metode ahlul halli wal aqdi (penunjukan langsung oleh beberapa kyai), ternyata tidak satupun persoalan tersebut dibicarakan.

Menurut sumber yang turut serta dalam pertemuan tersebut menyebutkan para kyai justru ewuh pakewuh untuk membicarakan pemilihan Rais Aam.

“Padahal pertemuan di-setting untuk membicarakan soal Rais Aam. Ternyata hanya diisi pembicaraan basa-basi dan doa bersama saja,” ujarnya di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Jumat (26/3).

Advertisement

Terkait ketidakhadiran KH Hasyim Muzadi dalam pertemuan tersebut belum ada informasi perihal absennya Ketua PBNU demisioner tersebut.

Pertemuan para kyai sepuh bukan kali ini saja. Karena pertemuan serupa juga pernah terlaksana meski tidak sebanyak peserta pertemuan jelang pemilihan. Pertemuan tersebut digelar untuk melihat kondisi mutakhir tentang menguatnya nama KH Hasyim Muzadi sebagai calon Rais Aam PBNU.

Bukan tanpa soal jika KH Hasyim Muzadi terpilih, karena beberapa kyai sepuh mengancam akan pisah dari NU (mufaraqah). Karena para kyai menilai, KH Hasyim Muzadi belum pas untuk menjadi Rais Aam. Sebagaimana tradisi selama ini, Rais Aam diisi oleh kyai sepuh dan senior baik segi usia dan kapasitas keilmuwannya.

Advertisement

inilah/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif