Kamis, 25 Maret 2010 21:07 WIB Tekno Share :

The Dragon Runner, Tentara robot penjinak bom

Teknologi robot semakin lazim digunakan dalam kehidupan manusia. Tak hanya dimanfaatkan di dunia industri, maupun rumah tangga, robot pun kini makin disiapkan untuk dipasang di garis depan medan pertempuran.

The Dragon Runner, menjadi salah satu robot andalan yang bakal digunakan oleh Kementerian Pertahanan Inggris. The Dragon Runner, seperti dilansir dailymail.co.uk, Kamis (18/3), merupakan robot yang dirancang khusus untuk membantu tentara menemukan sekaligus menjinakkan bom.

Ukurannya yang ringkas, yaitu 12,2”x16,6”x6” atau 9x8x3 inci, membuat robot ini bisa dibawa dengan mudah oleh seorang tentara, sepertinya halnya menggendong tas punggung.
Bobotnya setara dengan berat tujuh kantong gula dan mampu melaju dengan kecepatan hingga 5Mph. Kemampuannya menemukan dan menjinakkan bom pun sudah diuji sendiri oleh Royal Logistics Corps. Segala pergerakan The Dragon Runner ini, dikendalikan oleh operator melalui remote control, dengan teknologi intuitif.

Teknologi inilah yang membuat si robot mampu menaiki tangga dan bahkan membuka pintu. Selain itu, The Dragon Runner juga dilengkapi empat kamera on board, yang gambarnya dikirim kembali ke operator. Setiap gambar yang terekam dapat dilihat langsung pada layar secara terpisah atau keempatnya sekaligus dalam layar.

Robot ini juga dilengkapi dengan sebuah lengan manipulator yang dapat menggali di sekitar benda-benda yang mencurigakan atau pun memungut barang kecil yang mencurigakan.
Robot ini, seperti ditulis zonaindo.com, rencananya digunakan secara massal oleh sejumlah resimen penjinak bom di Inggris. Termasuk Bomb Disposal Squadron RAF, yang akan bertugas di Provinsi Helmand pada bulan Maret ini.

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…