News
Kamis, 25 Maret 2010 - 17:17 WIB

Soal krisis gas, BP Migas angkat tangan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi menyerah untuk memenuhi pasokan gas sebesar 100 juta kaki kubik per hari (mmscfd) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Tawar pada tahun ini.

“Kekurangan gas itu baru bisa dipenuhi dari LNG Receiving Terminal pada September 2011, satu-satunya jalan yah itu tidak ada lagi,” kata Kepala Bina Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas Sulistia Hastuti Wahyu di Jakarta, Kamis (25/3).

Advertisement

Alasannya, Sulistia menjelaskan, produksi gas dari lapangan Grissik di Sumatera Selatan milik ConocoPhilips lebih diprioritaskan untuk meningkatkan produksi minyak lapangan Duri, di Riau milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Sebab, jika tidak dilakukan cara ini, target lifting dan produksi minyak nasional tidak tercapai. Akibatnya, penerimaan negara yang terancam turun. ”Potensi ruginya lebih besar,”kata dia

Selain itu, prioritas gas sudah sesuai dengan peraturan menteri soal pemanfaatan gas untuk kebutuhan domestik. “Jadi gas dari lapangan ConocoPhilips tidak bisa dialihkan untuk mengatasi kekurangan pasokan gas ke PLTGU Muara Tawar,”tuturnya.

ConocoPhillips seharusnya memasok 396 juta standar kaki kubik per hari dari lapangan Grissik ke jaringan pipa PT Perusahaan Gas Negara Sumatera Selatan-Jawa Barat. Namun, sejak Februari pasokan hanya 250-260 juta standar kaki kubik per hari, bahkan turun drastis menjadi 150 juta standar kaki kubik per hari.

Advertisement

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif