Kamis, 25 Maret 2010 18:07 WIB News Share :

Ormas Islam dukung Suno, siap beri perlindungan

Jakarta–Sejumlah organisasi Islam menyatakan dukungannya kepada mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji untuk membongkar dugaan adanya praktek makelar kasus pajak di Mabes Polri. Mereka pun siap memberikan perlindungan kepada Susno.

“Kami mendukung dan mendorong Pak Susno untuk istiqomah mengungkapkan apa yang dilihat dan dirasakannya tentang berbagai kebobrokan yang beliau sebut sebagai dekadensi moral (di Mabes Polri),” kata Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad al Khaththath.

Hal itu dikatakannya dalam jumpa pers di Kantor Mer-C, Jl Kramat Lontar No J-15, Jakarta Pusat, Kamis (25/3/2010). Selain FUI, ormas Islam lain yang hadir dan memberikan dukungan adalah Ikhwanul Muslimin, Gerakan Reformasi Islam, serta beberapa pengacara dari Tim Pembela Muslim (TPM). Kakak sepupu Susno, Husni Madre, dan tim pengacara Susno, juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Khaththath berharap Kapolri mengapresiasi upaya Susno untuk mengungkap dugaan korupsi di tubuh kepolisian, bukan malah memperkarakan jenderal bintang tiga tersebut. Kejadian ini harus menjadi momentum bagi kepolisian untuk mereformasi diri.

“Kita berharap Kapolri mereformasi total lembaga kepolisian ini, bukan pada masalah administrasi Pak Susno,” ungkapnya.

Khaththath heran mengapa polisi yang diberi kewenangan untuk menegakkan hukum dalam hal ini memberantas korupsi justru terlibat dalam korupsi itu sendiri. Ia menduga hal itu karena lemahnya pemahaman agama di kalangan anggota Polri.

Presiden Ikhwanul Muslimin Habib Husein Al-Habsyi berpendapat, apa yang dilakukan Susno adalah upaya amar makruf nahi munkar. Karena itu, umat Islam harus siap untuk melindungi Susno.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
BPR BINSANI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pribumi dalam Kuasa Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (26/10/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.  Solopos.com, SOLO–Pada 19 juli 1913 terbit artikel berjudul Als ik een Nederlander was (Andai Saya…