Kamis, 25 Maret 2010 15:01 WIB News Share :

Megawati
Ikut koalisi siapa yang jadi penyimbang?

Bogor— Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, belum bisa membayangkan partainya masuk koalisi yang memerintah. Menurut Mega, jika PDIP masuk, siapa yang berperan melakukan checks and balances terhadap kekuasaan.

“Kita tidak punya aturan hukum yang baku sebenarnya mengenai oposisi dan koalisi,” kata Megawati. Tapi “kalau koalisi kan dapat kabinet,” ujarnya usai meresmikan acara pelatihan pemenangan Pemilu kepala daerah PDIP dan panen raya padi MSP di Desa Sukajadi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Kamis (24/3).

Dan Mega tak bisa membayangkan masuk kabinet itu. “Siapa nanti yang akan jadi penyeimbang, melakukan checks and balances?” ujarnya. “Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa itu bukanlah suatu tujuan. Dan kami putuskan untuk belum masuk ke sana,” ujarnya.

Beberapa hari belakangan ini, ramai dibincangkan soal masuknya PDIP ke dalam koalisi memerintah. Bahkan Demokrat secara terbuka menyatakan siap menerima masuknya PDIP dalam barisan.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…