Soloraya
Kamis, 25 Maret 2010 - 16:19 WIB

KRB akhirnya usung Toha-Wahyudi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) akhirnya mengusung mantan Wakil Bupati, M Toha sebagai calon bupati Kota Makmur pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang digelar 3 Juni mendatang.

Keputusan itu diambil KRB setelah melakukan pertemuan pada Rabu (24/3) malam. Terpilihnya Toha berarti mengalahkan dua bakal calon lainnya yaitu Sri Mulyadi serta Bambang Margono.

Advertisement

Selanjutnya yang di luar prediksi banyak pihak sebelumnya, KRB yang terdiri dari lima partai politik (Parpol) yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta terakhir Partai Hati Nurani (Hanura) memutuskan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pemuda Pawisata Kebudayaan (POPK) yang masih aktif yaitu Wahyudi sebagai calon wakil bupati.

Padahal yang bersangkutan sebelumnya tidak masuk dalam penjaringan serta tidak ikut dalam fit and proper test yang digelar KRB.

Koordinator KRB, M Amin menjelaskan, terpilihnya M Toha serta Wahyudi merupakan keputusan yang diambil pada Rabu malam.

Advertisement

”Kami memang sudah memutuskan bahwa yang bakal maju sebagai calon bupati dan wakil bupati adalah M Toha dan Wahyudi. Namun demikian ini masih merupakan keputusan tentatif artinya belum ditetapkan,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (25/3).

Amin menambahkan, belum ditetapkannnya pasangan Toha-Wahyudi lantaran ada beberapa syarat yang kurang. Syarat itu adalah syarat teknis dan administrasi. Untuk beberapa syarat yang masih kurang tersebut, Amin menambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada keduanya segera melengkapi semua berkas pada pekan ini. Sehingga pada akhir pekan nanti KRB sudah bisa menetapkan pasangan Toha-Wahyudi.

Disinggung mengenai munculnya nama Wahyudi sebagai calon wakil bupati, Amin menjelaskan, memang disengaja. Pasalnya, KRB menilai semua bakal calon wakil bupati ketika dipasangkan dengan bakal calon bupati kurang ada chemistry.

Advertisement

Terkait posisi KRB yang merupakan koalisi beberapa Parpol, Amin menambahkan, sampai saat ini masih utuh. Artinya, isu lepasnya PKS sampai saat ini belum terbukti. Bahkan, Amin menambahkan, KRB kemungkinan akan ketambahan satu Parpol lagi yaitu Partai Demokrat.

aps

Advertisement
Kata Kunci : KRB Toha Wahyudi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif