News
Kamis, 25 Maret 2010 - 10:36 WIB

Kongres Gay-Lesbi tetap digelar di Surabaya

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Asosiasi Internasional Lesbian, Gay, Biseksual, Trans dan Interseks (ILGA) tetap akan mengadakan konferensi regional ke-4 di Indonesia mulai tanggal 26-28 Maret 2010. Kendati Polwiltabes Surabaya belum mengeluarkan izin untuk kegiatan ini.

Hal itu dilansir dalam situs resmi ILGA, Kamis (25/3). Konferensi dengan tema yang mengangkat “LGBT ASIA Moving Forward!” diperkirakan akan diikuti lebih dari 150 aktivis Lesbian Gay Biseksual Trans dan Interseks (LGBTIQ) dari seluruh penjuru Asia.

Advertisement

Sekitar 100 organisasi Lesbian Gay Biseksual Trans dan Interseks saat ini telah menjadi anggota ILGA-ASIA. Gaya nusantara akan menjadi tuan rumah Konferensi ILGA Asia ke-4. Tujuan dari acara ini tak lain untuk menggerakkan komunitas LGBTIQ Asia dan ingin bersama-sama menggapai misi, visi dan tujuan organisasi. Selain itu juga ingin mempererat tali silahturahmi antar sesama anggota ILGA Asia.

Sebelumnya organisasi untuk kaum yang sama pernah didirikan, yakni International Gay Association (IGA) Tahun 1978 di Inggris. Tahun 1986, IGA kemudian menjadi ILGA. Perubahan ini untuk mencerminkan kontribusi inklusi dan lesbian.

Tahun 1980-an, jaringan kerja organisasi diperluas untuk proyek pertemuan regional dan konferensi dunia luar. Saat ini, ILGA adalah federasi seluruh dunia yang terdiri lebih dari 560 organisasi lokal, nasional dan internasional, di mana anggotanya, mewakili setiap benua dan berasal dari sekitar 90 negara.

Advertisement

ILGA-Asia termasuk yang terbesar dan paling beragam dalam hal cakupan area. Konferensi regional pertama diselenggarakan di Mumbai, India Tahun 2002. Kemudian berturut-turut diadakan di Cebu, Filipina, 2005. Konferensi ketiga dilaksanakan tanggal 24-27 Januari 2008 di Chiang Mai, Thailand, di mana sekitar 160 aktivis LGBT dari Asia hadir.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif