Rabu, 24 Maret 2010 15:00 WIB News Share :

Presiden akan luncurkan Stranas Pemberantasan Korupsi

Jakarta— Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan, Presiden Yudhoyono akan meluncurkan Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) 2010-2025.

“Stranas PK yang dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden diharapkan akan diluncurkan oleh Bapak Presiden sebagai perwujudan komitmen pemimpin tertinggi nasional dalam pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Armida di Gedung Bappenas Jakarta, Rabu (24/3).

Armida menjelaskan, penyusunan naskah Stranas PK 2010-2025 telah dapat dilaksanakan setelah melalui proses penyusunan selama dua tahun, dengan melibatkan peran aktif seluruh pemangku kepentingan.

“Stranas PK ini merupakan dokumen strategis yang akan menyinergikan langkah-langkah pemberantasan korupsi sejalan dengan Konvensi PBB Anti Korupsi 2003 (UNAC),” katanya.

Menurut dia, penyusunan dan pelaksanaan Stranas PK diharapkan dapat menekan/mengurangi praktik-praktik koruptif pada semua lini kehidupan penyelenggaraan negara dan masyarakat.

Stranas PK 2010-2025 merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi sebelumnya yang belum terselesaikan, sekaligus penyesuaian dengan Konvensi Anti Korupsi 2003 PBB yang telah diratifikasi Indonesia.

Visi Stranas PK 2010-2025 adalah Terbangunnya tata pemerintahan yang bebas dari praktik-praktik korupsi dengan daya dukung kapasitas pencegahan dan penindakan serta sistem integritas yang terkonsolidasi secara nasional.

Strategi lainnya melaksanakan penyelamatan aset hasil tindak pidana korupsi, meningkatkan kerjasama internasional dalam pemberantasan korupsi, dan meningkatkan koordinasi dalam rangka pelaporan pelaksanaan upaya pemberantasan korupsi.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…