News
Rabu, 24 Maret 2010 - 15:00 WIB

Presiden akan luncurkan Stranas Pemberantasan Korupsi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan, Presiden Yudhoyono akan meluncurkan Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) 2010-2025.

“Stranas PK yang dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden diharapkan akan diluncurkan oleh Bapak Presiden sebagai perwujudan komitmen pemimpin tertinggi nasional dalam pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Armida di Gedung Bappenas Jakarta, Rabu (24/3).

Advertisement

Armida menjelaskan, penyusunan naskah Stranas PK 2010-2025 telah dapat dilaksanakan setelah melalui proses penyusunan selama dua tahun, dengan melibatkan peran aktif seluruh pemangku kepentingan.

“Stranas PK ini merupakan dokumen strategis yang akan menyinergikan langkah-langkah pemberantasan korupsi sejalan dengan Konvensi PBB Anti Korupsi 2003 (UNAC),” katanya.

Menurut dia, penyusunan dan pelaksanaan Stranas PK diharapkan dapat menekan/mengurangi praktik-praktik koruptif pada semua lini kehidupan penyelenggaraan negara dan masyarakat.

Advertisement

Stranas PK 2010-2025 merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi sebelumnya yang belum terselesaikan, sekaligus penyesuaian dengan Konvensi Anti Korupsi 2003 PBB yang telah diratifikasi Indonesia.

Visi Stranas PK 2010-2025 adalah Terbangunnya tata pemerintahan yang bebas dari praktik-praktik korupsi dengan daya dukung kapasitas pencegahan dan penindakan serta sistem integritas yang terkonsolidasi secara nasional.

Strategi lainnya melaksanakan penyelamatan aset hasil tindak pidana korupsi, meningkatkan kerjasama internasional dalam pemberantasan korupsi, dan meningkatkan koordinasi dalam rangka pelaporan pelaksanaan upaya pemberantasan korupsi.

Advertisement

ant/rif

Advertisement
Kata Kunci : Luncurkan Stranas PK SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif