Rabu, 24 Maret 2010 13:37 WIB News Share :

Menkes
Teknologi vaksin maningitis masih pakai babi

Jakarta—   Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menegaskan belum ada teknologi baru yang ditemukan untuk mengganti unsur porcine dari Babi dalam vaksin maningitis untuk jamaah haji.

“Sampai sekarang  masih memakai porcine itu,” ujar Endang seusai peringatan hari Tuberkulosis sedunia di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (24/3).

Menurut Endang, porcine hanya berperan sebagai katalisator, bahan yang mempercepat reaksi tanpa muncul di produk akhir. Karena belum ada teknologi yang baru dalam pembuatan vaksin maningitis, kementerian tidak memberikan rekomendasi pabrik maupun merek.

“Belum ada yang baru, semua negara muslim juga memakai vaksin yang sama,” katanya.

Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia, lanjut Endang, telah mengunjungi satu perusahaan farmasi yang memproduksi vaksi maningitis.

“Saya lupa negaranya, tapi sudah dilihat cara-caranya,” jelas Menkes.

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….