Rabu, 24 Maret 2010 11:07 WIB News,Pendidikan Share :

Kemendiknas siapkan Posko stres UN

Jakarta–Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan membangun posko stres di daerah yang tingkat kelulusan siswanya rendah. Upaya ini diharapkan bisa membantu siswa menghadapi hasil ujian nasional (UN).

“Kita baru akan rapatkan Jumat nanti. Ini untuk membantu siswa menenangkan jiwa mereka,” kata anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BNSP) Mungin Edi Wibowo saat dihubungi detikcom, Rabu (24/3).

Posko itu dibangun agar peserta didik tidak mengalami stres, meski di sekolah-sekolah sudah ada tempat konseling. Lokasi di mana posko itu dibangun pun belum ditentukan, tapi dipastikan tidak di sekolah tersebut.

“Ini baru akan dibahas Jumat (26/3),” ujar Mungin.

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan belum ada siswa yang mengalami stres atau gangguan karena ujian ini. Menurut dia, tekanan yang mendera siswa lebih besar karena faktor lingkungan.

“Lingkungan yang menekan, bukan karena soal-soal ujian nasional. Ujian nasional disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku di sekolah, semua materi sama,” jelasnya.

Selain itu dia berharap pihak sekolah juga tidak menambah kecemasan dengan melibatkan pihak kepolisian masuk ke dalam lingkungan sekolah, dan atau juga membuat acara tertentu seperti doa bersama.

“Kalau untuk penenangan itu bagus, jangan sampai untuk yang lain,” tutupnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…