Rabu, 24 Maret 2010 10:40 WIB News Share :

Ganjar, Maruar dan Simbolon, calon Sekjen PDIP?

Jakarta— Kabar Pramono Anung yang disebut-sebut disiapkan menjadi Wakil Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) terus menguat. Apalagi, kini muncul wacana tiga calon pengganti Pramono Anung untuk menduduki kursi Sekretaris Jenderal PDIP.

“Calon Sekjen PDIP adalah Maruarar Sirait, Ganjar Pranowo, dan Effendi Simbolon,” kata fungsionaris PDIP, Eva Kusuma Sundari, Rabu (24/3).

Tapi, imbuh Eva cepat, siapapun tentu boleh memiliki keinginan. Namun hasil akhirnya tetap akan berpulang kepada keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketiga calon Sekjen PDIP yang disebut-sebut itu bukanlah wajah asing dalam PDIP. Maruarar dan Simbolon selama ini duduk di kepengurusan pusat PDIP sebagai Ketua DPP. Sementara Ganjar selalu dipercaya menjadi Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI.

Maruarar yang akrab disapa Ara, duduk di Komisi XI DPR yang mengawasi sektor keuangan dan perbankan. Baru-baru ini pamornya meningkat tajam karena aktif berperan dalam pengusutan kasus Bank Century.

Sementara Ganjar, duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR yang mengawasi soal pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah. Ganjar seringkali ditunjuk dan dipercaya partai untuk duduk di berbagai pansus, termasuk Pansus Century.

Ia pun kerap menjadi tim pelobi dari PDIP, apabila terdapat jalan buntu antarfraksi mengenai suatu persoalan. Tak heran jika Ganjar sering diposisikan dan dianggap sebagai otak sekaligus ahli strategi partainya dalam berbagai kesempatan.

Terakhir, Simbolon. Ia duduk di Komisi VII DPR yang mengawasi sektor energi dan sumber daya mineral. Simbolon terkenal dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos sekaligus blak-blakan.

Berkebalikan dengan Ganjar yang gaya bahasanya ketika berbicara tertata apik, Simbolon jauh lebih cuek. Namun ia terkenal berkepala dingin dan berpembawaan tenang.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…