Selasa, 23 Maret 2010 19:44 WIB News Share :

PD akan bahas wacana koalisi dengan PDIP

Jakarta–Partai Demokrat akan melakukan evaluasi koalisi partai pendukung pemerintah, termasuk wacana berkoalisi dengan PDI Perjuangan pada rapat kordinasi nasional (rakornas) di Jakarta, 27-28 April 2010.

Ketua DPP Partai Demokrat Djafar Hafsah, di Jakarta, Selasa (23/3) mengatakan, Rakornas Partai Demokrat akan membahas berbagai persiapan kongres yang akan diselenggarakan di Bandung, Mei mendatang.

“Dalam rakornas itu juga akan membahas evaluasi koalisi, termasuk wacana koalisi dengan PDI Perjuangan,” kata Djafar Hafsah.

Dikatakannya, wacana koalisi Partai Demokrat dan PDI Perjuangan bukan wacana baru yang muncul setelah tiga partai anggota koalisi, yakni Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memilih sikap berbeda dalam kasus dana talangan untuk Bank Century senilai Rp 6,7 triliun.

Namun, wacana itu sudah muncul sejak Ketua Pembina Partai Demokrat Susilo  Bambang Yudhoyono terpilih sebagai Presiden pada Juli 2009.

“Saat itu, Partai Demokrat beberapa kali menawarkan koalisi dengan PDI Perjuangan, tapi tidak mencapai kesepakatan,” katanya.

Jika pada Rakornas Partai Demokrat mendatang membahas wacana koalisi Partai Demokrat dan PDI Perjuangan, hal itu berarti Partai Demokrat masih tetap membuka diri terhadap PDI Perjuangan.

Dia mengakui, kadang-kadang PDI Perjuangan bersikap menyerang partai koalisi karena posisinya memang berada di luar koalisi.

“Partai Demokrat, kadang-kadang bisa memahami sikap PDI Perjuangan,” katanya.

Ketua DPP PKS Agus Purnomo mengatakan, upaya Partai Demokrat merangkul PDI Perjuangan untuk bergabung dalam koalisi partai pendukung pemerintah bertujuan untuk memperkuat posisi pemerintahan dan meningkatkan popularitas Partai Demokrat yang menurun karena kasus Bank Century.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pelayanan Medis Olahraga

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (18/10/2017). Esai ini karya Rumi Iqbal Doewes, dosen di Program Studi Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah king.doewes@staff.uns.ac.id. Solopos.com, SOLO–Pencinta sepak bola Indonesia pantas berduka….