Selasa, 23 Maret 2010 17:33 WIB Karanganyar Share :

JPU kasus Lanjar ajukan banding

Karanganyar (Espos)–Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus kecelakaan lalu lintas dengan terdakwa Lanjar Sriyanto, 35  warga Kalitirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta, akhirnya menyatakan banding. Memori banding kasus itu saat ini masih dalam proses penyusunan.

JPU Kasus Lanjar yang juga Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar, Eko Kuntadi SH, dalam penegasannya kepada wartawan menyatakan upaya banding telah disampaikan ke Pengadilan Tinggi (PT) Jateng di Semarang melalui Pengadilan Negeri (PN) setempat, belum lama ini. Meski demikian dia tidak menjelaskan perihal alasan dan latar belakang keputusan JPU mengajukan banding.

“Ya, kami menyatakan banding. Sudah kami sampaikan melalui PN Karanganyar tanggal 10 Maret lalu,” ungkapnya ditemui wartawan di Kantor Kejari Karanganyar, Senin (22/3).

Eko berharap memori banding bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Hal itu karena draft materi sudah dirampungkan dan hanya tinggal melengkapi beberapa kekurangan saja hingga benar-benar dinyatakan siap.

Eko juga menjelaskan, sesuai ketentuan pengajuan banding diajukan paling lambat tujuh hari pascapembacaan putusan Majelis Hakim. Namun demikian untuk penyusunan memori banding, pihaknya memiliki waktu lebih longgar karena tidak ada batasan waktu. Dia memperkirakan pernyataan banding JPU terkait vonis Lanjar saat ini sudah sampai di PT Jateng di Semarang.

Dikonfirmasi terpisah, Penasihat Hukum Lanjar Sriyanto, Muh Taufiq SH MH, menyatakan upaya banding JPU dalam kasus kecelakaan lalu lintas di Colomadu, September 2009 lalu, tidak lain hanya sebagai bentuk kejar target kasus pihak Kejaksaan.

Dia juga menyampaikan keputusan itu menunjukkan penegak hukum hanya melaksanakan tugas administratifnya, bukan menegakkan keadilan.

try

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…