Selasa, 23 Maret 2010 17:21 WIB News,Hukum Share :

Hakim kasus Gayus, terancam disidangkan ke MKH

Jakarta— Hakim yang memvonis bebas terdakwa penggelapan pajak Gayus HP Tambunan, terancam disidangkan di Majelis Kehormatan Hakim (MKH).

Anggota Komisi Yudisial (KY) Thahir Saimima di Jakarta, Selasa (23/3), mengatakan, hakim itu bisa dibawa ke MKH jika sudah ada kesimpulan adanya pelanggaran kode etik. “Kesimpulan itu dari hasil pemeriksaan setelah adanya laporan pengaduan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, memvonis bebas pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan, Gayus HP Tambunan terkait kasus penggelapan uang pajak.

Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) selama satu tahun penjara dan satu tahun percobaan.

Kasus tersebut mengemuka setelah mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji menyebutkan ada makelar kasus (markus) dalam penanganan kasus tersebut.

Thahir menyebutkan, untuk melakukan pemeriksaan terhadap hakim tersebut, harus ada laporan dari masyarakat. “KY melakukan pemeriksaan harus mendapatkan laporan pengaduan dari masyarakat,” katanya.

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mengajukan kasasi atas dijatuhkannya vonis bebas terhadap terdakwa penggelapan uang Gayus HP Tambunan oleh Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

“Jaksa penuntut umum (JPU) akan mengajukan kasasi atas putusan PN Tangerang itu,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Didiek Darmanto.

ant/rif

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…