News
Senin, 22 Maret 2010 - 13:18 WIB

RI minta Filipina tangkap teroris Sanusi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Manila–Pemerintah Indonesia telah meminta otoritas Filipina untuk memburu teroris Indonesia, Sanusi, yang saat ini diyakini berada di Filipina.

Sanusi telah dimonitor berada di wilayah konflik Filipina, Mindanao. Demikian disampaikan dua pejabat intelijen Filipina seperti diberitakan gmanews.tv, Senin (22/3).

Advertisement

Sanusi kabur ke Mindanao setelah dituduh memerintahkan para militan untuk memenggal tiga orang di Poso, Sulawesi Tengah. Menurut pejabat intelijen Filipina, Sanusi saat ini membantu melatih para militan di Mindanao.

Seorang pejabat Kedutaan RI di Manila mengatakan, pemerintah RI telah meminta otoritas Filipina untuk menangkap Sanusi. Pria itu pernah terlihat berada di sebuah masjid di dekat Kota Cotabato, Filipina selatan, saat bulan suci Ramadhan tahun lalu.

Menurut pejabat intelijen militer senior Filipina, Sanusi merupakan anggota penting gerakan radikal Jemaah Islamiyah (JI). Dia diyakini telah membantu mendanai dan mengorganisir pelatihan tempur dan keagamaan untuk militan-militan baru di Mindanao.

Advertisement

Pejabat yang minta dirahasiakan identitasnya itu mengatakan, Sanusi belum pernah dinyatakan terlibat serangan apapun di Filipina. Dia juga tidak masuk dalam daftar teroris yang dimonitor Filipina sebab otoritas setempat baru mulai mengetahui aktivitas dan peran yang dimainkannya.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif