News
Senin, 22 Maret 2010 - 15:04 WIB

Inilah, 3 calon Ketum PBNU paling ramai dibicarakan

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sehari menjelang pembukaan Muktamar NU di Makassar, persaingan kandidat ketua umum PBNU semakin ketat. Dari 7 calon yang sudah menyatakan kesediaannya, 3 calon yang paling ramai dibicarakan.

Ketiga calon itu adalah KH Said Aqil Siradj, KH Solahudin Wahid dan Slamet Effendy Yusuf. Sementara nama Ahmad Bagdja, Masdar Farid Mas’udi, Ali Maschan Musa serta Ulil Abshar Abdalla mulai sayup dibicarakan.

Advertisement

“Perkembangannya sampai sekarang memang seperti itu. nama tiga kandidat tersebut menguat. Yang lain tetap berpeluang, namun agak berat,” kata calon ketua umum PBNU Ulil Abshar Abdalla, Minggu malam (21/3).

Menurut mantan ketua Jaringan Islam Liberal (JIL) ini sebelumnya yang diprediksi bersaing ketat memang empat kandidat, yaitu tiga kandidat di atas plus Ahmad Bagdja. Namun, perkembangan terakhir nama Bagdja terdegradasi karena PCNU dan PWNU melihat arus pertarungan yang kuat berada di tiga calon di atas.

“Pak Bagdja menurun dibicarakan karena mungkin dianggap kurang pas untuk posisi ketua umum meski dibekingi Pak Hasyim. Mungkin beliau pas sebagai organisatoris saja,” papar Ulil.

Advertisement

Namun demikian, Ulil masih yakin peta dukungan akan terus berubah sampai detik-detik pemilihan ketua umum. Nama-nama yang saat ini merosot dukungannya bisa saja menjelang pemilihan baik lagi jika mengupayakan cara-cara efektif dan meyakinkan peserta muktamar dari PCNU dan PWNU.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif