Senin, 22 Maret 2010 14:46 WIB Ekonomi Share :

BBM dan Listrik tak akan disubsidi di tahun 2014-2015

Jakarta–Harga BBM dan Tarif Dasar Listrik (TDL) saat ini belum mencapai keekonomian karena adanya subsidi. Pemerintah menargetkan harga BBM dan TDL bisa sesuai tingkat keekonomian alias tak disubsidi lagi pada 2014-2015.

Demikian disampaikan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh usai menghadiri acara pelantikan pejabat struktural eselon II Kementerian ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (22/3).

“Saya kira baik listrik dan BBM itu kita menuju harga keekonomian, kita harapkan di 2014 dan 2015. Saat itu kita sudah sampai pemahaman bersama dan sudah dipraktekkan tentang harga keekonomian itu,” ujar Darwin.

Darwin menyatakan penerapan harga keekonomian baik untuk harga jual listrik dan BBM dapat mendorong agar masyarakat menjadi lebih efisien dalam penggunaan energi.

“Salah satu yang terpikir adalah bagaimana kita mendidik masyarakat, termasuk yang tidak mampu, agar memahami yang namanya harga keekonomian. Karena kita tahu kalau harganya mahal maka dia akan hemat,” paparnya.

Jika hal itu sudah diterapkan, lanjut Darwin, maka  pemerintah tetap akan memberikan subsidi langsung untuk membantu masyarakat tidak mampu.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…