Minggu, 21 Maret 2010 21:47 WIB Women Share :

Lebih langsing, lebih berwarna, lebih cantik

Kesadaran akan keindahan penampilan bukan monopoli kaum wanita. Pesawat penerima gambar siaran televisi pun tak mau kalah. Dari waktu ke waktu, pesawat televisi tampil semakin memukau dengan desain elegan.

Tak dipungkiri, perangkat elektronik, khususnya televisi, kini tak hanya tampil untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya. Televisi juga hadir sebagai bagian dari interior itu sendiri. Itu pulalah alasannya mengapa para produsen televisi tetap serius memperhatikan tampilan produknya.

Kalau dulu televisi selalu identik dengan kehadiran kotak besar di bagian belakang yang berfungsi untuk meletakkan berbagai komponen, kini body TV yang gendut seperti itu perlahan namun pasti mulai ditinggalkan.

Konsumen pun lebih menyukai televisi dengan tampilan yang lebih langsing sehingga bukan hanya lebih sedap dipandang tetapi juga tidak terlalu banyak memakan tempat saat diletakkan di sisi ruangan. Desain minimalis dengan dominasi warna hitam dan silver pun jadi pilihan saat merancang bentuk televisi.

Desain televisi semacam itu bukan hanya lebih fleksibel saat disandingkan dengan berbagai konsep interior, tetapi juga lantaran desain ini sesuai dengan kebutuhan banyak orang yang menuntut televisi dalam bentuk ramping dan ringan. “Secara periodik, Sharp selalu meluncurkan desain televisi yang berbeda. Namun, menilik tren yang berkembang belakangan, konsep minimalis sepertinya masih tetap jadi favorit,” kata Branch Manager Sharp wilayah Yogyakarta, Handy Bunawan.

Tidak mau hanya terpaku pada warna-warna aman seperti warna hitam dan silver, Sharp pun meluncurkan beberapa televisi dengan warna merah marun, merah cerah, cokelat gelap, biru tua dan putih. Pilihan warna yang cukup beragam ini, kata Handy, untuk melayani pelanggan yang menyukai variasi warna pada tampilan televisi. Tak jauh berbeda, beberapa televisi produksi Polytron pun tampil dengan beberapa pilihan warna, ada merah dan biru tua.

Belum puas dengan permainan warna, variasi bentuk televisi juga jadi elemen yang kian mempercantik tampilan pesawat televisi masa kini. Tengok saja pada seri televisi keluaran Samsung yang menampilkan garis cembung pada bagian bawahnya. Bentuk itu dirancang bukan tanpa alasan, karena sisi cembung tampak sesuai dengan posisi tombol power di bagian tengah bawah televisi.

Agar makin gaya dan sesuai dengan konsep minimalis yang jadi karakter banyak pesawat televisi keluaran teranyar, panel untuk mengganti saluran dan pengatur volume suara juga disembunyikan di bagian bawah atau sisi kiri dan kanan televisi. Meski begitu, ada saja produk televisi yang nekat menyajikan panel di bagian depan, seperti salah satu seri Samsung LED TV. Tetapi bukannya mengganggu penampilan, panel itu justru jadi nilai tambah, karena panel yang tersaji tidak dioperasikan dengan tombol seperti televisi lainnya, melainkan dengan sentuhan.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…