Minggu, 21 Maret 2010 19:51 WIB Kesehatan Share :

Apel penangkal degenerasi

Banyak orang terobsesi untuk awet muda dan panjang umur. Oleh sebagian kalangan, harapan panjang umur dan awet muda rupanya diwujudkan melalui berbagai penelitian produk alam yang bermanfaat menghambat proses penuaan dan berbagai penyakit degenerasi yang mengekor.

Dari sekian banyak produk alam itu apel rupanya jadi favorit para peneliti dan produsen produk kosmetik dan kesehatan. Apel dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya dengan senyawa baik, dan enak dikonsumsi.

Apel kaya dengan zat-zat fitokimiawi, seperti flavonoid dan fenolI yang baik untuk kesehatan jantung dan berperan penting dalam mengendalikan kolesterol LDL yang memicu terjadinya artherosklorosis penyebab terjadinya hipertensi, jantung koroner dan stroke.

Lantaran manfaatnya itu, berbagai produk kesehatan mulai dari suplemen hingga kosmetik pun kini memanfaatkan apel sebagai bahan baku utama, seperti cuka apel Tahesta dan produk perawatan kulit Phyto Stemcell. “Khasiat apel untuk kesehatan sudah jadi rahasia umum, namun tak banyak orang yang tahu bahwa fermentasi apel berkhasiat ganda,” ungkap Bagus Supriyanto, marketing PT Tirta Sarana Sukses, produsen Tahesta.

Khasiat ganda cuka apel Tahesta tersebut, lanjut dia, lantaran selama proses fermentasi ikatan enzim dalam ekstrak apel berubah menjadi ikatan tunggal sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…