News
Sabtu, 20 Maret 2010 - 12:43 WIB

Sungai perbatasan Jateng-Jabar meluap, dua desa terendam

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cirebon— Meningkatnya debit air Sungai Cisanggarung yang letaknya berbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, mengakibatkan Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, dan Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir sampai 1,5 meter, Jumat malam hingga Sabtu (20/3) dini hari.

Air mulai masuk ke perkampungan sekitar pukul 22.00, dan terus meningkat sampai pukul 01.00 WIB, Sabtu dini hari. Rasidi, warga di Desa Cilengkrang mengatakan, tinggi air banjir yang menggenangi jalan dan rumah-rumah di kampungnya bervariasi, mulai 70 cm sampai 150 cm. Itu karena permukaan tanah di desanya naik turun.

Advertisement

Sedikitnya 200 rumah dan puluhan hektar sawah di Blok Gelora dan Rahayu, Desa Cilengkrang kebanjiran, serta 100-an rumah di Blok Pelabuhan dan Cihoe, Desa Ciledug Wetan. Tidak ada warga yang mengungsi karena mereka menunggu surutnya banjir.

Selain debit air Sungai Cisanggarung, debit Sungai Cijangkelok, yang terletak di belakang desa, juga meningkat. Ditambah lagi, ada enam pintu air yang rusak dan jebol, dan empat titik tanggul yang ambles dan jebol. Deddy Madjmoe pemerhati lingkungan di desa itu mengatakan pintu air yang jebol karena pintu airnya dicuri.

“Lokasi banjir yang parah adalah di Desa Cilengkrang. Ini adalah banjir kedua dalam dua bulan terakhir. Sama parahnya karena tinggi air banjir lebih dari 1 meter,” kata Deddy.

Advertisement

kompas/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif