Soloraya
Sabtu, 20 Maret 2010 - 19:17 WIB

Pengamanan soal UN dilengkapi CCTV

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Demi keamanan agar soal-soal ujian nasional (UN) tidak bocor ke khalayak umum, pihak panitia penyelenggara UN Karanganyar melengkapi pengamanan soal-soal itu dengan close circuit television (CCTV).

Kamera tersebut ditempatkan di dua sudut atas ruang penyimpanan soal. Satu unit di dalam ruang penyimpanan soal dan satu lagi di luar ruang, menyorot ke pintu ruang penyimpanan soal.

Advertisement

Menurut Ketua Pembantu Rayon SMK Kabupaten Karanganyar, Wahyu Widodo, selain dipasangi CCTV, pengamanan juga dilakukan dengan menempatkan empat hingga enam orang untuk menjaga lokasi itu. “Ada dua shift penjagaan,” kata Wahyu saat dijumpai Espos di ruang pengamanan soal, Sabtu (20/3).

Setelah sejumlah soal dipilah menjadi beberapa bagian menurut sekolah, soal-soal UN itu kemudian dimasukkan ke dalam ruang pengamanan. Setelah itu, ruangan digembok dan dijaga selama 24 jam. Ruang tersebut baru dibuka pagi ketika panitia yang ada di sekolah-sekolah mengambil soal-soal itu. “Setiap hari soal itu diambil,” ujar Wahyu.

Ketua Umum Panitia Ujian Nasional Kabupaten Karanganyar 2010, Sugiarso Hadisaputro mengatakan, persiapan UN di Karanganyar saat ini sudah matang, baik kesiapan panitia maupun pendistribusian soal.

Advertisement

“Hari ini (Sabtu (20/3)-<I>red<I>) jam 07.00 WIb soal-soal UN sudah tiba dari Semarang,” ungkap Sugiarso saat ditemui wartawan di ruang Kepala Sekolah SMKN 2 Karanganyar, Sabtu (20/3) pagi.

m87

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif