Entertainment
Sabtu, 20 Maret 2010 - 07:18 WIB

Hari ini, 6 peserta SBC diberangkatkan ke Den Haag

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Enam peserta Solo Batik Carnival (SBC) siap tampil ke perhelatan Pasar Malam Indonesia 2010, di Den Haag, Belanda, Kamis-Senin (1-5/4). Mereka akan bertolak ke Belanda, Selasa (30/3) ini untuk mengisi acara yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag tersebut.

“Pasar Malam Indonesia merupakan kegiatan promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Dan keberangkatan SBC dibiayai sepenuhnya dari Kementerian Luar Negeri RI, yang mengundang SBC ke sana,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Purnomo Subagyo dalam jumpa pers, Senin (29/3), di kantor Disbudpar Solo.

Advertisement

Ketertarikan Kementerian Luar Negeri RI untuk memakai SBC dalam acara-acara budaya dan pariwisata di luar negeri mengundang keuntungan besar bagi branding Kota Solo. Sebelumnya, SBC telah tampil dalam parade internasional Chingay di sirkuit formula satu (F1) di Singapura.

“Banyaknya acara di luar negeri yang memakai SBC, tentu akan memudahkan branding Kota Solo ke mata dunia. Rencananya SBC juga akan ke Shanghai, China. Pihak sana, sudah menyampaikan undangan itu secara lisan pada Walikota Solo,” beber Purnomo.

Di Belanda nanti, peserta SBC tersebut akan menampilkan performance di atas panggung. Mereka juga akan berparade memamerkan kostum mereka. Kostum yang mengangkat corak batik sebagai ikonnya tersebut, terilhami dari bentuk merak hijau, dodot soga, panji biru, dan kelana merah. Selain itu, mereka juga akan membagi-bagikan leaflet mengenai calender event Kota Solo.

Advertisement

Dia menambahkan, Pasar Malam Indonesia 2010 tersebut tak hanya diisi oleh peserta SBC saja. Beberapa kota lain, seperti Maluku  ikut tampil di perhelatan tersebut.

“Namun, SBC satu-satunya peserta yang dibiayai oleh Kementerian Luar Negeri RI. Dan keenam peserta itu, adalah Tomy, Yanuar, Arifatul Uliana, Mery, Ning , dan Quintanova sebagai leader-nya,” tambah Purnomo.

hkt

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Berangkat Den Haag SBC
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif