Sabtu, 20 Maret 2010 22:22 WIB News Share :

Gempa 4,6 Skala Richter guncang Cilacap

Cilacap— Gempa berkekuatan 4,6 Skala Richter mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (20/3), sekitar pukul 18.42. Titik pusat gempa terletak 47 kilometer sebelah barat daya Cilacap atau di 8,15 derajat Lintang Selatan dan 108,98 derajat Bujur Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap Hidayatul Muhtar, ketika dihubungi, Sabtu (20/3), mengatakan, gempa yang terletak di kedalaman 16 kilometer itu tidak berpotensi tsunami. “Gempa ini hanya di bawah 5 Skala Richter, tidak akan sampai menyebabkan tsunami,” ucapnya.

Selain di Cilacap, gempa ini juga dirasakan di daerah Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Namun, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah Evi Luthfiati mengatakan, daerah selatan dan barat daya Cilacap merupakan kawasan rawan gempa karena dilewati jalur pertemuan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia.
“Kemungkinan, gempa tersebut disebabkan adanya desakan antarlempeng tersebut,” ucapnya.


kompas/rif

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….