Sabtu, 20 Maret 2010 16:54 WIB Internasional Share :

Disapu badai pasir, langit Beijing jadi oranye

Beijing— Langit Ibukota China, Beijing, berubah menjadi oranye, akibat badai pasir terkuat dalam tahun ini yang menghantam sebelah utara Negeri Tirai Bambu tersebut, Sabtu (20/3). Akibatnya, beberapa penerbangan di Bandar Udara Internasional Beijing ditunda dan pejabat Korea Selatan memperingatkan ancaman serupa di Seoul.

Langit berpendar dan berpasir menyelimuti Beijing. Akibatnya, warga harus menutupi muka mereka di Tiananmen Square. Badan cuaca setempat menyatakan kualitas udara berada di level berbahaya dan jarang terjadi. Warga diimbau menutup mulut mereka jika keluar dan menutup pintu serta jendela rumah.

Gurun pasir di China kini meluas sehingga mencapai sepertiga wilayah negeri tersebut akibat penggundulan hutan dan lain-lain. Badai pasir ini pun dikabarkan bisa sampai wilayah barat Amerika Serikat.

Akademi Ilmu Pengetahuan China memperkirakan frekuensi badai pasir telah bertambah enam kali lipat dalam 50 tahun terakhir menjadi 24 kali per tahun. Badai pasir terakhir juga telah menyapu kawasan Cinjuang dan Mongolia serta Provinsi Shanxi, Shaanxi, dan Hebei.

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…