Soloraya
Jumat, 19 Maret 2010 - 08:07 WIB

Pelebaran Jalan Kapten Mulyadi, rumah-rumah kuno bakal dikepras

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Rencana penataan dan pelebaran jalan di jantung Kota Solo, yakni Jalan Kapten Mulyadi tahun 2010 ini bakal berdampak serius. Penyebabnya, sejumlah bangunan-bangunan kuno yang dibangun sebelum terbit rencana umum tata ruang kota (RUTRK) bakal kena gusur lantaran tak lagi sesuai dengan RUTRK sekarang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Agus Djoko Witiarso mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah serius melalukan pendataan sejumlah bangunan-bangunan kuno yang bakal kena kepras akibat pelebaran jalan tersebut.

Advertisement

Sementara, bangunan-bangunan terbaru yang izin pendiriannya telah mengacu RUTRK tak menyisakan masalah sama sekali.

“Kami belum bisa menyebutkan berapa saja bangunan kuno yang bakal kena row lane akibat pelebaran jalan itu. Yang jelas, inventarisasi bangunan sudah dimulai,” terangnya ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Kamis (18/3).

Sebelum melakukan pengeprasan atas sejumlah bangunan kuno, terang Agus, pihaknya akan melakukan kajian intensif terlebih dahulu tentang kepemilikan bangunan kuno serta sejumlah bangunan yang memiliki nilai historis budaya di sepanjang jalan tersebut.

Advertisement

“Jadi, tak serta merta kami kerja. Kami menggandeng berbagai pihak, mulai DTRK , Bappeda, DPP, Satpol PP, DKP serta sejumlah intansi terkait lainnya,” terangnya.

Selain itu, menurut Agus, pihak-pihak yang memiliki bangunan kuno di sana juga akan diajak berembug setelah dilakukan sosialisasi terkait pelebaran jalan tersebut.

Yang jelas, lanjutnya, bangunan-bangunan kuno yang akan diinventarisir tersebut terhitung mulai pertigaan Warung Pelem Kelurahan Sudiroprajan Jebres hingga jembatan gantung. Kemudian dari jembatan gantung hingga ke Gedung bersejarah Dewan Harian Cabang (DHC) ’45.
Dan dari DHC 45 hingga ke Jalan Untung Suropati dilanjutkan ke Perempatan Baturono.

asa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif