Jumat, 19 Maret 2010 16:50 WIB News Share :

Calon independen harus kumpulkan 41.000 KTP

Grobogan (Espos)–Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Grobogan bakal digelar awal 2011 mendatang. Selain membuka pendaftaran calon yang diusung partai politik, KPU Grobogan juga membuka pendaftaran bagi calon perseorangan (independen).

Ketua KPU Grobogan Jati Purnomo melalui Ketua Divisi Kampanye dan Pemungutan Suara, Sakta Abaway Sakan,  Jumat (19/3) menyatakan, untuk calon perorangan harus melampirkan KTP warga yang mendukungnya, minimal 3 % dari jumlah penduduk.

“Jumlah penduduk di Kabupaten Grobogan saat ini sekitar 1,38 juta jiwa, sehingga calon perseorangan harus mampu mengumpulkan KTP/KK atau surat keterangan dari sekitar 41.000 pendukung,” jelas Sakta.

Menurut Sakta, pada intinya draf aturan tidak banyak mengalami perubahan. Sementara draf pembahasan tahapan pelaksanaan Pemilukada tahun ini telah disusun dan selesai, namun nanti tetap akan di plenokan lagi untuk tercapai kesepakatan sebelum draf tersebut di sahkan.

Sementara untuk calon yang diusung dari partai politik (Parpol). Calon minimal harus mampu mengumpulkan 15% dari jumlah suara yang sah. Atau minimal mendapatkan dukungan dari delapan kursi yang ada di DPRD Grobogan.

“Untuk suara sah di Kabupaten Grobogan sekitar 659.770 jiwa, berarti harus mengumpulkan dukungan sekitar 98.966 suara sah,” ungkapnya.

rif

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…