News
Jumat, 19 Maret 2010 - 15:07 WIB

BSNP: Kemungkinan soal UN bocor masih ada

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjarmasin–Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) jamaris Jamma menyatakan kemungkinan terjadinya kebocoran soal pada pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA sederajat masih bisa terjadi baik di percetakan maupun di sekolah.

“Kemungkinan terjadinya kebocoran soal selalu ada baik di percetakan maupun disekolah,” Kata Jamaris ditemui di Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Jumat (19/3) saat akan melakukan kunjungan ke percetakan di Liang Anggang Banjarbaru bersama tim BSNP dan Diknas Kalsel.

Advertisement

Namun, kata  Jamaris Jamna, khusus di Kalsel langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan cukup baik dan bijaksana, mulai dari percetakan hingga distribusi ke sekolah-sekolah.

Menurut dia, langkah Diknas Kalsel yang mendistribusikan soal ke sekolah satu jam sebelum pelaksanaan UN merupakan langkah sangat baik, untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kebocoran soal tersebut.

“Dulu di daerah lain pernah ditemukan kasus kebocoran soal di percetakan, kejadian tersebut telah diantisipasi,” katanya.

Advertisement

Antisipasi tersebut, antara lain dilakukan dengan menempatkan anggota kepolisian di percetakan, petugas percetakan tidak boleh membawa apa pun, termasuk HP, dan di ruang percetakan dipasang CCTV.

Begitu juga dengan proses pendistribusiannya, diamankan terlebih dahulu di polres, baru satu hari sebelum pelaksanaan UN
didistribusikan ke polsek-polsek.

Khusus di Kalsel, satu jam sebelum pelaksanaan, kepala sekolah baru bisa mengambil soal tersebut ke kantor polsek masing-masing dengan pengawalan aparat keamanan.

Advertisement

Sedangkan untuk daerah-daerah longgar atau daerah yang jauh dari pengawasan, kata dia, sepenuhnya dipercayakan kepada Diknas dan polsek masing-masing daerah.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Bocor BSNP Soal UN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif